Monday, June 20, 2011

Cerita tentang Anak Jogja



[tulisan tanggal May 23, 2011]
Hal kesukaan seorang anak akan berpengaruh besar terhadap cara berpikirnya. Begitulah satu kesimpulan baru yang aku dapatkan dari pengamatan selama Januari sampai Mei 2011. Pengamatan ini aku lakukan terhadap beberapa makhluk mungil di suatu tempat di Yogyakarta. Cekidot…
Anak Tipe A
( Penggila Otomotif)
Me:
Okay student, today we will learn about beginning sound.
B is the beginning sound of “bag”.
Now, I have the picture of house. This is the word of “house”
So what is the beginning sound of “house”?
Student :
“h”.. Honda.
Me:
The beginning sound of “sun”?
Student :
“s”… Suzuki
Me :
The beginning sound of “doctor”?
Student :
“d”… Daihatsu
Me:
Hmmm it’s okelah… Yang penting dia ngerti. Hehehe…
Anak Tipe B
(Penggemar lagu “Back to School”)
Ketika ditanya lagu apa yang akan dinyanyikan ketika akan berbaris, anak tipe B langsung bernyanyi :
“Back to School... Back to school… back to school!”
Ketika dikenalkan kata baru, bed, yang artinya tempat tidur, anak tipe B langsung bernyanyi :
“Bed to school… Bed to school… Bad to school!”
Ketika aku bercerita tentang my new bike, anak tipe B langsung bernyanyi:
“Bike to school… bike to school… bike to school”
Ketika belajar tentang bag, CVC word vowel “a”, anak tipe B langsung bernyanyi:
“Bag to school… bag to school… bag to school!”
Ketika guru menjelaskan tentang perbuatan bad, anak tipe B langsung bernyanyi:
“bad to school… bad to school… bad to shool!”
Anak Tipe C
(Seorang drama queen yang suka banget sama Role Play)
Kebetulan si anak tipe C ini musuhan banget sama Matematika dan Bahasa Indonesia. Dia punya strategi setiap mau mulai dua pelajaran itu.
Me : Good morning student!
Student : Good morning Ms Evi
Me : How are you today?
Student: Wonderful, great, yes, yes, yes…. Yes!
Me : Are you happy today?
Student: (dengan nada antusias dan pronouciation yang nyaris sempurna) yes, I am happy!!
Me : Ok, now we will learn about skipping number by 2’s
Student: Aduh Ms.. Sebentar, sebentar… Kok kepala aku tiba-tiba pusing miss. Kayanya aku sakit deh miss.
Me : Hmmm are you really sick?
Student: Iya e miss. Ini kepalaku goyang-goyang gini.
Me : Ow ow… someone’s sick. Let us bring her to the hospital beside the school. Come on, call the doctor!
Student: Ga perlu miss. Ga usah. Ini kayanya aku Cuma perlu duduk-duduk aja. Tp ga usah liat numbers ya ms. Aku main computer aja pasti sembuh.
Me : ok… ok... You can finish your math worksheet with the computer. Ms. Evi already prepare the soft copy. Xixixixixi….
Student: (manyun dengan bibir keriting)
Anak Tipe D
(pecinta lagu Jingle Bell)
Kebetulan, anak tipe D ini seorang anak autis dengan spesifikasi hyperactive. Dia suka sekali bermain tali. Setidaknya memegang sesuatu yang ada talinya. Tidak peduli dekil atau bersih, smell good atau smell bad, anak tipe D senang sekali memelintir tali sepatu. Terutama kalau dia lagi malas ikut kegiatan di sekolah.
Me : No! Ms. Evi said no! No shoe at greeting time.
Student: (melepaskan sepatu yang dia pegang)
Greeting time berlanjut tetapi ketika aku lengah si anak tipe D mencari target baru di rak sepatu yang lain. Sepatu tali yang baru ketemu dan langsung deh dipelintir-pelintir lagi. Aku langsung ambil tali prakarya.
Me : ok you can play with rope. But only with this rope
Student: (tersenyum dan melepaskan sepatu yang dia pegang)
Anak tipe D mengikat-ikat tali ke berbagai tempat yang dia suka. Ketawa-ketawa sampai bosan lalu diam-diam mengincar sepatu tali yang lain. Ketika tahu dilihatin sama aku, dia pun kabur dam terjadilah adegan kejar-kejaran ala penjahat dan polisi di film India. Begitu ketangkep, aku langsung menginterogasi dia di dalam pelukanku.
Me : Hey hey.. what happened with you? Kok hari ini kamu nakal sekali? Kamu makan permen gula ya? Kenapa kamu jadi ga bisa diem lagi?
Student: wui wui wui… wui wui wui.. wui wui wui wui wui… (ceritanya bersenandung lagu Jingle Bells)
Me : Hey.. listen to me. Ayo kita cerita-cerita lagi ya. Kamu kenapa? Kamu lagi marah ya?
Student: (diem)
Me : Kok ga mau cerita? Kamu lagi sedih ya?
Student: (buang muka)
Me : Ya udah kalo ga mau cerita. Let’s get inside the class.
Student: (menahan badannya biar aku ga bisa berdiri)
Me : Ga mau masuk? Ya udah kita cerita-cerita di sini ya. Km lagi kesel sama siapa?
Student: (diem)
Me : Ah udah ah, Ms. Evi mau cerita-cerita sama temen yang lain.
(berbicara ke anak lain) Hai hai.. you look so beautiful with your bandana. Do you…
Student: wui wui wui… wui wui wui.. wui wui wui wui wui… (ceritanya bersenandung lagu Jingle Bells)
Me : Do you have the Barbie bandana too?
Student: wui wui wui… wui wui wui.. wui wui wui wui wui… (ceritanya bersenandung lagu Jingle Bells biar suara temennya ga kedengeran dan dia jadi males ngomong)
Me : Dasar usil….!
Anak Tipe E
(pecinta kultur local alias jawaaaa buanget!)
Lahir di Jogja, besar di Jogja, dan berinteraksi di lingkungan Jogja membuat anak tipe E terkesan sebagai anak Jawa sejati. Berikut ini cuplikan suasana belajar E di sekolah.
  1. Cek Absen
Me : Good morning student!
All : Good mornig Ms. Evi.
Me : How are you today?
All : Wonderful, great, great, great, yes!
Me : Ok now I will check your attendance. If I call your name, you can say “yes miss” or “present miss”. For example if I call “E***”, you can answer with “yes miss”. C’mon repeat after me, “yes miss”.
All : Yes missss
Me : Good job! Oke miss evi will start from E****. (Sambil siap-siap dengan bolpen dan buku absen anak) E**** Mawar Melati?
E : Ndalem miss.
Me : Gubrakksss ! Haduuuhhh kok jawabnya gitu sih?
E : Lho kata Mbah Utie kalo dipanggil, aku kan harus jawabnya “Ndalem…”
Me : Arghhhhhh….. (Rasanya seperti ingin membenturkan kepala ke tembok)
  1. Sesi Knowledge Presentation tentang Kendaraan
Me : Good morning student! ^_^
All : Good morning Ms. Evi.
Me : Look, today Ms. Evi brings three pictures. They are the picture of vehicle. Do you know what picture are they?
E : Aku tahu Miss. Itu kan mobil, pesawat terbang, sama sepeda.
Me : Good job! But, do you the English word of these picture?
E : (Geleng-geleng kepala)
Me : This is car.
E : Oh ini car toh namanya.
Me : And this is aeroplane.
E : Ohh eroplen..
Me : And the last one is bicycle.
E : Wuakakakakkakak…..
Me : Kok ketawa?
E : Wuakakakak ternyata orang bule pinter ya miss. Mereka tahu kalo sepeda itu dijalanin pake sikil (dalam Bahasa Jawa, sikil artinya kaki). Makanya sepeda itu Bahasa Inggrisnya Baysikil.
Me : Grrrrrrrrrr…….

No comments:

Post a Comment