Tuesday, December 4, 2012

Berburu Material Craft di Jogja

i love handmade!

Sejak kecil aku seneng banget berkreasi. Aku selalu percaya kalau kita selalu bisa berkreasi dengan benda apapun itu. Aku jadi semakin menggila dengan kreatifitas sejak tinggal di Jogja mulai tahun 2010 lalu. Kota gudeg ini memang menyuguhkan banyak tempat yang menjajakan bahan material untuk prakarya dengan harga miring. Lega banget karena aku tidak perlu terlalu iri sama orang-orang Jakarta yang leluasa berkunjung ke Pasar Jatinegara.

Bergelut dengan CherisHta Art ‘n CraftShop,aku semakin sering berkunjung ke toko-toko bahan prakarya. Petualanganku masih terus berlanjut karena aku selalu mendapat masukan dari beberapa orang tentang toko yang menjual harga lebih miring. But so far, I already found some wonderful places to buy the art and craft materials.

Ini dia beberapa toko bahan kerajinan tangan yang dapat menjadi rekomendasi bagi para penggila kreatifitas di Jogja. Toko-toko ini menyediakan craft material dengan berbagai kekurangan dan kelebihannya : 

Nama Toko
Spesialisasi
Alamat
Petra Accessories
>> Wajib yang namanya bawa weker atau pasang reminder kalau  lagi buru-buru. Soalnya tempat ini punya magnet yang kuat bagi para penggila craft. Ruangannya yang tertutup bikin kita gak bisa lihat matahari dan lupa waktu karena gak ada jam dinding. Air mineral gratis, kursus gratis, dan pelayan yang ramah dijamin bikin kita nyaman banget ada di sini.
-          Alat dan material pembuatan bando, gelang, kalung, bros, dll
-          Logam, batu, swarosky, parel, dll
-          Suvenir
-          Pelatihan gratis & privat
-          Asesoris siap pakai dengan harga eceran dan grosiran
-          Air mineral gratis
-          Toko emas dengan harga sedikit lebih murah dari Toko Emas Semar
Jl. Lor Pasar No. 33 Yogyakarta
Telp. (0274) 518056, 582056, 514758

Kini Toko Petra Pindah beberapa meter ke selatan. Nama berubah jadi Bella.
Satria Mataram
>> Harganya murah. Udah gitu ada tempat duduk bagi orang-orang yang stress dan cape gara-gara nemenin belanja di Satria. Hehehe.. Posisi kursi ada di deket AC yang suka sukses orang ketiduran (pengalaman suamiku pas lagi temenin aku belanja) hehehe..
-          Alat-alat Jahit
-          Manic-manik, mutiara, kain, dll
Jl. Lor Pasar No. 49 Yogyakarta
Telp (0274) 560026, 564303, 514147
Toko Jago
>>  Pemilik Toko Jago lebih gesit dari pada pelayannya yang kayanya kebanyakan Putri Solo deh. Hehehe. Tapi harganya lumayan murah.
-          Alat jahit
-          Plastik OPP
-          Alat tulis (walau terbatas)
Jl. Jend. Urip Sumoharjo 24 A
Telp (0274) 563705

Sekitar Tahun 2014, Toko Jago tutup. Sampai sekarang saya belum ketemu lokasi barunya. 
Toko Merah
>> Warning : Semua stationery lebih murah dan lengkap dibanding Gramedia. Tapi jangan ke Toko Merah pas jamannya Tahun Ajaran Baru, Ospek Kampus, atau Ujian anak sekolahan. Antriannya udah kaya antrian premier Twilight di XXI padahal ruangannya sempit.
-          Alat tulis, kertas, dan stationery
Jl Gejayan  No 1 Yogyakarta
Telp. (0274) 584162
08882755545
Jolie Jogja Fashion & Jewelry
>> Jolie ada dua. Satu di Kranggan dan satu lagi di daerah Pingit. Tokonya besar dan lengkap tapi harganya lebih mahal dari Petra
-          Asesoris siap pakai
-          Suvenir
-          Alat Jahit
-          Logam, batu, swarosky, parel, dll yang cenderung lengkap namun harganya lebih mahal dari Petra
Jl . Kyai Mojo No 27-29 Pingit, Yogyakarta
Telp (0274) 541031, 555018
HP 085292190001

Jl Diponegoro Yogyakarta
Telp.
Toko 96
>>  batu-batuan dan mutiara, swarovski serba blink-blink tergolong lengkap tapi harga peralatan lainnya lebih mahal dari Satria
-          Peralatan Jahit harganya lebih mahal dari Satria
-          Batu, swarovsky, parel, dll
Jl. Diponegoro No 96 Yogyakarta
Toko Liman
>> Saran dari aku, bawalah helm SNI dan peredam suara untuk kuping karna pekerja di Toko Liman suka banget lempar buntelan barang super gede sambil teriak-teriak. Hehehe… :P
-          Plastik, Mika
-          Kain Flanel, Kain Tissue, Dakron Kapas & meteran, dll

Jl. Malioboro Yogyakarta

4 comments:

  1. Hai mbak evi,salam kenal :D
    Saya mau tanya,maksudnya jalan lor pasr tu apa lor pasar beringharjo? Saya baru di jogja, jadi kurang tau hehehehe
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mbak Menik. Maaf sekali sudah lama tidak kutak-katik blog ini. Semoga sudah ketemu Toko Satria & Toko Petranya ya. Iya betul posisinya di dekat Pasar Beringharjo. Sejajaran dengan Toko Progo kalau ditelusuri dari Jl. Mataram. Tahun 2015 lalu, Toko Petra bergeser beberapa meter ke selatan dan berganti nama jadi Bella. Isinya tetap sama malah jauh lebih lengkap. Semoga infonya masih bisa membantu ya.

      Delete
  2. Kak evi mau nanya dong ancer-ancernya kalo nyari toko petra yg sekarang jadi toko bela? Tolong bantuannya 😊

    ReplyDelete
  3. Mbak Evi, aku mau nanya ancer2nya toko petra yg sekarang jadi toko bela kalo lewat jalan mataram dong hehe...terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete