Tuesday, May 29, 2018

LULUS yang Kedua


Ciyeee yang Lulus euy!

Rasanya baru saja kami bahagiaaa luair biasa menerima sepucuk surat dengan lima huruf kapital yang ditunggu-tunggu dari SD Kanisus Kalasan. LULUS. Kata pamungkas yang mengakhiri perjuangan mati-matian Si Anak Lanang, Alexander Louis Geovanny Khrisna a.k.a Jovan, dari seragam putih merah. Senin terakhir di Mei 2018 ini kami kembali mendapat kebahagian serupa. Jovan kembali  LULUS untuk kedua kalinya. Sungguh Tuhan Yesus, terimakasih terimakasih dan terimakasih!

Your hardwork (and God) will never betray you. Although you may be hurt and bleeding now, a better day will come (1). 

Kalimat ini Jovan banget deh. Jovan memang melalui masa SMP yang berat banget. Puncaknya yang bikin kami deg-degan ketika terpaksa dia berjuang sendirian di Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pas April 2018.

Masa persiapan Jo sangat sedikit dan pendek. Terlebih lagi, anak ini seharusnya sangat membutuhkan pendampingan ekstra terutama untuk Matematika. Dia memang lemah di angka (seperti akuhh) walau cemerlang di bahasa (seperti akuhh juga). Masih terbersit di kepalaku raut muka frustasinya setiap bercerita tentang hasil try out di sekolahnya. Hasilnya selalu di bawah rata-rata. Tapi hati ini tersenyum ketika dia bilang, "Nilai-nilaiku ya pasti jeleklah. Aku kan gak mau nyontek". Aih nak, aku padamu deh!

Dannn, Puji Tuhan kamu lulus, nak! Bahkan di ujian Matematika yang HOTS (2) itu kamu menembus angka 60 dan hasilnya luar biasa sekali. Dia berhasil memaksimalkan tenaga di ujian bahasa. Total Jovan mengumpulkan angka 31 di UNBK. Selisih 'sikit' lah dari target NEM yang dia tulis (dan dia doakan) di whiteboard ajaib yang juga jadi saksi keberhasilannya dulu.

Yeahh berhasil!!

Selamat ya nak! Seragam putih abu-abu menunggumu. Kamu itu, selalu dan selalu, adalah berlian. Mau di comberan atau di Toko Semar, berlian tetap berlian. Mari kita berjuang lagi ya. Selanjutnya kita masih harus meninju congkak dunia. Kami selalu di sini untuk kamu. Kerja keras kita dan Tuhan Yesus gak akan pernah mengkhianati kita.


Terimakasih juga untuk semua keluarga yang mendoakan dan mendukung Jovan bisa survive sampai hari ini. Juga, terimakasih kepada para murid dan guru di SMP N 3 Kalasan. Termasuk sahabat-sahabat yang hampir setiap hari menaruh Jovan dalam pokok doa di misa, persekutuan, dan sholat kalian. Tuhan memberkati kita semua ya.

Bahagiaaa!!!

"We staked out on a mission to find our inner peace
Make it everlasting so nothing's incomplete
It's easy being with you, sacred simplicity
As long as we're together, there's no place I'd rather be

With every step we take, Kyoto to The Bay
Strolling so casually
We're different and the same, gave you another name
Switch up the batteries

If you gave me a chance I would take it
It's a shot in the dark but I'll make it
Know with all of your heart, you can't shame me
When I am with you, there's no place I'd rather be"
--Clean Bandit, 2014



Berbah, 28 Mei 2018
- Tante Evi -
(Dan juga Om Ruben, dan Oma Arinta, dan mami yang pasti tetap menyayangimu dengan caranya sendiri)

                                

***

Keterangan :
(1)Kalimat ini terinspirasi dari Dino Patti Djalal (Aurelius A. Rosimin di Kompasiana, 2014) dan Piperr1288 (Essay Forum, 2016).
(2) HOTS singkatan dari High Order Thinking Skill. Tahun 2018 secara tiba-tiba Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir menerapkan tipe soal HOTS di UNBK Matematika SMP dan SMA untuk mempertajam (dan membuat frustasi) pesertanya. Ini gara-gara nalar anak remaja di bidang sains, matematika, dan literasi jeblok banget. Sumber : Tirto.id


No comments:

Post a Comment