Monday, March 16, 2009

Mereka Bilang, Kalo Jodoh Ga Akan Kemana

Dalam beberapa bulan belakangan ini gw sering mendapat berbagai jenis pertanyaan yang jawabannya sama. Misalnya gini : “Duh vi, gw takut putus sama cowo gw. Kalo sekarang kita putus, nanti kita bener-bener ga bisa ketemu dia. Padahal gw dah sayang banget sama dia dan kita udah berencana mau nikah 2010 nanti. Bener ga sih keputusan kita untuk putus?” , atau begini : “Kalo sekarang ada orang yang ngajak gw married, pasti langsung gw jawab iya. Tapi kok tetep ga ada yang ngajak gw nikah ya? Termasuk cowo gw sendiri. Yang ada malah ngajak selingkuh”, pernah juga ada yang bilang gini :” Udah ah vi, aku ga mau nerusin affair ini. Aku ga akan kontak lagi sama dia. Liat aja nih, aku bikin FB [facebook.red] tapi aku sengaja ga invite dia. Sekalipun dia invite aku, aku ga akan approve. Keputusan aku bener kan vi? Dengan gitu, kita pasti ga akan ketemu lagi!”. Awal tahun lalu gw sering dapet pertanyaan : “Kok bisa sih lo jadian lagi sama dia? Kapan ketemunya?”… dan semua pertanyaannya di atas punya jawaban yang sama : “kalo emang jodoh ga akan kemana kok”.

Yups sekarang ini gw lagi mendapat pembuktian falsafah orang tua jaman dulu yang sering banget bilang tak kan lari gunung dikejar. Itu tuh si dia yang sekarang jadi pasangan gw. Akhirnya gw nemu juga temen hidup yang paling pas buat gw. Bener-bener hadiah natal yang indah banget.

Dia memasang nama Ruben F Knehans sebagi identitas di FB-nya. Salah satu saluran komunikasi kami untuk menyiasati panjangnya Tol Pasteur yang ditambah Tol cipularang plus Jalan Raya Bogor. Senangnya bisa ketemu dia lagi. Ruben itu salah satu sahabat baik gw dari sejak kecil. Kami menghabiskan masa-masa remaja yang labil [hahahah bahasanya!] di SLTP K Ignatius Slamet Riyadi Cijantung Jakarta Timur. Lebih dari sekedar teman sebangku, Ruben selalu menjadi partner yang kompak buat iseng, curhat apapun, cabut ke Graha Cijantung, ngeceng sana-sini, sampe ngejar angkot pulang ke provinsi sebelah.

Emosional sesaat yang sangat ga beralasan ngebikin kami berdua benar-benar memutuskan pertalian di penghujung masa-masa SMA. Gw selalu menganggap momen itu sebagai kebodohan terburuk yang menyeret gw ke jalan penyeselan berkepanjangan. Enam tahun gw kehilangan jejak dia. Bertahun-tahun nyesel banget dan berharap ada keajaiban yang bisa ngebantu gw nemui manusia yang punya cirri-ciri kurus, tinggi, berkacamata, slebor, usil, dan pecicilan. Kabar kabur di detik-detik terakhir dulu, dia berniat ke jogja. Sebuah nomer hape yang dulu sempet jadi saluran komunikasi sms pun dah ga berfungsi lagi.

Nyesel, nyesel, dan nyesel banget. Bertahun-tahun gw melihara yang namanya the biggest regret karena udah ngilangin sosok sahabat yang klop buat jiwa dalam hidup gw. Bertahun-tahun gw ngerasa ga enak banget karena udah nyakitin sahabat gw sendiri karena alesan yang silly banget. Bertahun-tahun minta maaf ke Tuhan. dan bertahun-tahun juga berharap Tuhan ngasih keajaiban biar bisa ketemu dia lagi. Ga apa-apa deh orang lain benci sama gw tapi nggak yang satu itu. Uhh pokoknya bawaannya guilty pisan. Bayangin aja sama sekali loose contact sama orang tadinya bisa tiap hari lo ketemuin, tiap hari bisa lo ajak jalan. tiap hari bisa lo ajak usil, dan tiap saat lo ajak curhat. Sama sekali ga ada info maupun petunjuk tentang dia. Heran bener, kayanya dia ilang ketelen Gunung Merapi hihihi…Kulak-kulik di dunia maya tetep ga ada klu sama sekali. Pas akhirnya punya sahabat baru yang katanya anak jogja asli, gw sempet kepikiran pengen nekat nyari jejaknya di jogja. Seenggaknya sekarang pasti bakal tahu arah mau kemana-mana karena ada penunjuk arah yang rupanya mirip dukun klenik berperut buncit. Wakakakkakak… ga ada matinya deh menghina-dina tuh orang.

Sampe suatu hari ada munculnya sebuah pesan di situs pertemanan yang sekarang udah sukses dikalahin sama yang namanya Facebook. Huaaaaa…….. gw lansung ngeloncat dari kursi kerja sambil ngejeerit-jerit saking kagetnya ngeliat logo pengirim pesannya. Sekilas langsung keliatan insial RFK. Gw tau banget cuman satu orang di dunia ini yang menggabungkan huruf R, F, dan K dalam formasi seperti itu. Yah walo sekarang ada sedikit perubahan dalam logo itu [dan katanya itu sengaja dibikin kaya gitu biar inget sama seseorang.. ciyeh ciyeh suit suit….!]

Akhirnyaaaa… itu bener-bener Ruben. Yups Ruben yang nama lengkapnya sempet gw jadiin judul salah satu tulisan di blog gw. Waktu itu gw berharap ada orang yang bernarsis ria nge-googling nama diri sendiri walo tnyata hasilnya baru keliatan lama banget.

Mulailah kejadian deh yang namanya keajaiban Desember. Keajaiban yang perlahan namun pasti nyembuhin luka hati super nyakitin dari sebuah kesalahan yang ga gw pungkirin keindahannya. Arena permainan di Dufan menjadi awal untuk menjalani dunia bersama-sama lagi. Seneng banget bisa ngasih kartu paket hemat lagi. Hehehe gw emang kebiasan ngasih ucapan met ulang taun, met natal, dan met taun baru dalam satu kartu. :P

Sejak saat itu, kami mulai masukin tahapan baru yang lama.. hmmm ato tahapan lama yang baru ya, entahlah mana yang lebih tepat untuk menggambarkan relasi kami. Soalnya dia emang masa lalu, masa kini, dan semoga juga masa depan gw. Hihihi.. rekor nih, biasanya gw selalu nolak mentah-mentah kalo harus meluangkan sedikit waktu untuk mikirin bagian dari masa depan yang satu itu. Boro-boro mikirin, disuruh ngebayangin aja udah merinding sendiri.

Yah yah yah… Inilah sedikit cerita gw tentang kalimat populis tentang yang namanya jodoh. Semoga bisa ngejawab rasa penasaran temen-temen tentang Ruben dan Evi. Beneran deh, kalo emang ditakdirin buat ketemu pasti ketemu deh. Entah itu cepet – lambat waktunya, susah – gampang prosesnya, dan niat ato nggak orangnya. Dunia ini tidak selebar daun kelor kok. Kalo kata gw : “God will make away” dan Ruben nambahin : “… in His time”. Segala sesuatu indah pada waktuNya. Dan, gw percaya itu. Hahaha gw serasa Nicole di iklan Clear Shampoo deh. ^-^




No comments:

Post a Comment