Saturday, October 18, 2008

[Sebaiknya] Jangan Nabung di Bank

Lagi mau meralat pemikirannya Jeng Murni Simamora nih. Kalo dari sudut pandang gw, menabung ke bank bukan solusi untuk memperbaiki kondisi Indonesia tercinta kita ini. Knapa? Soalnya sebelum krisis ekonomi global melanda, udah terlalu banyak uang yang parkir di Bank Indonesia (BI). Gw lupa jumlahnya tapi tahun lalu itu ada sekitar Rp200 triliun yang nganggur di bawah BI. Sedih banget soalnya berarti banyak banget orang pasif di Indonesia. Cuma ngarepin bunga.

Padahal kan kalo uang yang kita tabung itu bisa kita puter di dunia investasi, pasti berguna banget buat pembangunan negara. Yah, walau skalanya kecil. Terserah mau dipake buat jualan pulsa kaya bang kris, diputer di pasar saham, jualanan saksang, ato sekedar patungan ama temen2 buat jasa antar-jemput pesanan kebutuhan rumah tangga ala anak2 kosan. Cara ini lebih sehat. Toh iklim investasi dalam negeri masih cukup kuat kok. Sebagian media massa aja yang hobi mem-blow up seakan-akan keadaan sekarang jelek banget dan bakal kiamat. Hehehe, maklum sih soalnya dunia kami lebih menyukai slogan "Bad News is a Good News" ketimbang "educate the world".

Selama kita ga konsumtif, Indonesia masih aman kok. Serangan ekonomi global ini nyerang negara-negara berkembang seperti AS dan Eropa kok. Ga terlalu nyerang negara berkembang seperti Indonesia.

Intinya? Jangan panik.. Jangan konsumtif. Kalo ga perlu2 banget, mending jangan kredit barang2. Sejak BI naikin suku bunga 25 basis poin, suku bunga perbankan naik 2%. Jadi ga cuma suku bunga tabungan, deposito, dan giro yang naik. Bunga kredit mobil, motor, rumah, de es be juga ikut naik. Itu akal2an bank [yang sebenernya jahat] buat ngerayu masyarakat nimbun duit di bank. Skali lagi, sayang banget kan!!

No comments:

Post a Comment