Thursday, July 10, 2008

Paprika oh Paprika


Tema hari ini paprika! Ga nyesel juga ngikut acara BI ke Cisarua walau perbincangan cerita tengah malam kemarin jadi bahan ketawaan. Hmm..suatu saat gw yang bakal ceng-in lo! Hahaha i've got another forbidden fruit.. Never minds, it just for refresh my mind.

Yups paprika, paprika, dan paprika. Hari ini ada delapan orang yang berangkat ke Cisarua. Ada Luki sebagai kepala suku, trus ada reni, wawan, wilujeng, barir, robet, dan kang rosyad. Kang ivan tuh ya sengaja banget giliran yang pagi2 buta diserahin ke anak baru.

Seru juga sih hari ini. Dateng ke pertanian paprika di Desa Pasirlangu Kec Cisarua Kab Bandung Barat. Tempatnya ga jauh2 banget sih tapi rutenya de javu banget... Semakin menyakitkan buat dilalui waktu ngeliat benda melingkar yang matanya sudah hilang itu. Huiks, tapi ya sudahlah. Kan cuma seru2an aja toh.

Di sana kita ketemu ama bapak2 petani. Tapi jangan salah lo, tampang boleh ga jelas tp penghasilan mereka gede banget. Invest awal emang nyampe Rp700juta/ha tapi profitnya bisa 70%. Tadi sih mereka ngeluh katanya harga pupuk naik 100% eh tetep kagak ngaruh2 banget. profit mereka cuma turun 20% jadi 'cuma' Rp500juta/ha.

Coba diitung, di situ ada 18 Ha lahan budidaya paprika berarti total pemasukan kira2 Rp9 miliar. Nah di Desa Pasirlangu ada 100 petani jadi satu petani bisa dapet Rp90 juta. Itu kalo musim tanam cuma satu kali setaun. Kata bapak tani sih satu musim tanam berkisar 8 bulan dan setaun bisa 1,5 kali musim tanam. Padahal pohon paprika bisa berkali-kali panen..

Hidup paprika, hidup sapi, hidup vanili! Jangan mau jadi Sinchan, rugi!
Paprika ternyata bling-bling banget

1 comment:

  1. Hahaha...
    itu apa saya eksis...
    :)
    iseng search di mbah google jadi nemu foto apa lagi di foto sama paprika.

    ReplyDelete