Sunday, July 27, 2008

Ruben Frederick Knehans

There's one ordinary question about regret in bulletin board ala Friendster. Pertanyaan ini selalu nongol di FS. Regret, regret, dan regret... dan jawaban gw bisa dikata hampir selalu sama. Yes i do, i do have one big regret in my life. Gw emang punya satu penyesalan gede. Ga tau napa rasa itu tiba kepikiran lagi di pikiran gw.

Ruben Frederick Knehans. That's my big regret. Ruben itu salah satu sahabat terbaik dalam hidup gw. Awal persahabatan gw dimulai sejak kelas dua SMP pas di Slamet Riyadi alias Slamer sekitar 1996. "Vi, ibu minta tolong ke kamu. Ibu nitip satu orang sama kamu ya. Siapa tau kalo duduk sebangku sama kamu dia bisa gampang belajar pas di kelas. Pelan-pelan kamu ajarin dia ya,"... ini ucapan yang sering banget gw denger selama sekolah. Kagak emang tau karena males, kreatif ato apa, guru2 hobi ngomong kaya gitu. Lempar tanggung jawab banget. Orang terburuk yang jadi temen sebangku [lebih tepatnya sih semeja] gw itu Anthonius Ghoman. Sori brur tapi gw tersiksa banget duduk bareng ama orang ajaib ini. Komikus handal yang hobi bertapa. Ajaib kan! Ga bisa diajak ngomong. Kalo udah di kelas, dia bakal masuk ke dunianya. Ke dunia imajinasi yang ada dalam coretan gambar yang ada di buku pelajaran yang lebih terlihat seperti buku sketsa.

Sebaliknya, temen sebangku paling oke itu Valen. Makhluk yang satu ini kunci untuk melengkapi kejayaan masa muda [halah!] yang dimulai sejak gw bokinan ama si Kereta Api [sebuah singkatan buat Kurnianto Anggoro]. Lah terus mana Rubennya. Ya Ruben emang bukan yang terbaik ato yang terburuk. Tapi dia sukses jadi sahabat terbaik gw.

Awal gw duduk sebangku ama Ruben, gw sempet ngasih coklat murah ke dia pas ulang taunnya di tanggal 1 Desember. Ga ada maksud apa2 sih. Gw emang hobi ngehujanin perhatian ke orang lain yang baru gw kenal sekalipun. Lagian juga gw tau waktu itu ada anak kelas satu yang naksir ama Ruben. Ajaib banget soalnya anak itu namanya Lisa. Cewe tomboy yang punya badan rada bongsor dan langsung dapet kehormatan jadi tim paskibra sekolah. Dulu tuh berhubung kaga ada cherleader, indikator kepopuleran itu status sebagai tim paskibra dan Lisa got it in her 1st grade in junior high school. Ga tau napa dia bisa gitu tp yang ada di pikiran gw "Boleh juga nih anak. Kecil-kecil udah jago,"

Time goes on, Ruben masih tetep jadi temen satu jurusan pulang yang menyenangkan. Masih enak diajakin kemana-mana mulai dari pulang irit naek bus Kp Rambutan-Bogor ato pas lagi bergaya naek angkot bareng temen2 gw satu genk. Tuh baek kan soalnya dia tetep pede walo ada di angkot yang isinya cewe2. Saking baeknya ampe ngasih baju Goosebumps yang tadinya dia pesen ke gramedia buat lisa biar bisa balikan lagi. Hehehe, maap tp kan gw juga pengen...

Pas SMA gw masuk negeri di SMUN 14 dan dia tetep di Slamer. Sebenernya sih kaga kepikiran bakalan ketemu lagi. Tapi suatu hari gw ketemu dia lagi di LIA Pengadegan. Adegan ketemunya sih rada-rada jijay juga. Kalo kata Monika Riris Mirmaningsih tuh serasa liat pelem India. Abisan gw tuh seneng banget waktu itu.

Kelas gw tuh dipojok lantai 3. Pas jam istirahat, gw keluar kelas dan pemandangan pertama yang gw liat pas nengok ke kiri tuh sosok makhluk kurus berkaca mata dengan seragam ungu kotak-kotak. Itu tuh seragamnya anak Slamer banget. Ternyata emang itu Ruben. Gw kaget dan langsung teriak : "Rubeeeennnnn....!!!". Dia kaget dan jadilah kita lari-lari trus ketemu pas di bagian tengah lantai 2. Hehehe sebenernya pengen banget langsung meluk dia. Abisan gw kangen banget ama dia.

Udah deh, sejak itu kita deket dan semakin dekat. Kali ini sih mengarah ke sisi yang berbeda. Gw sih santai-santai aja soalnya ada yang beda kali ini. Ruben tuh langsung berhasil narik perhatian nyokap gw yang selalu antipati sama semua temen cowo gw. Coba deh tanya ke Leo, tuh orang sampe sekarang masih jadi musuh bebuyutan nyokap gw.

Sayang sih gw egois banget. Semua persahabatan yang udah kita jalin sejak SMP lenyap tanpa sisa gara-gara gw. Parahnya lagi gw mengakhirinya di gereja kesayangan gw, HKBP Cimanggis. Padahal hari itu Ruben niat ga kebaktian di Gereja St Petrus Depok deket rumahnya dan dateng ke HKBP Cimanggis cuma untuk nanya satu pertanyaan.

"Tadinya gw cuma mau bilang, nyokap gw nyuruh gw ke Jogja. Kuliah apa aja yang penting di Jogja. Padahal kan kita juga baru aja jadian makanya gw pengen diskusiin kebingungan gw ini. Tapi kalo gini jadinya, kayanya gw tau jawaban buat pertanyaan nyokap gw..."
"Terserah lo ah!" ucap gw dengan ketus sambil memalingkan muka.

1 hari, gw biasa...
3 bulan, enak juga jadi jomblo lagi
1 tahun, jangan telepon gw ato temen-temen gw
7 tahun, lo dimana sih sekarang. Kalo perlu gw kelilingin Jogja nyariin lo buat bilang :
"Ben, i'm so sorry. Maapin gw yahhh.."

No comments:

Post a Comment