Friday, November 21, 2008

Bangga Jadi Anak Kota

[Asal Jangan Pake Kacamata Kuda]


Sembari menikmati kegundahan yang ga beralasan dan rasa lapar yang enggan gw singkirin, ada tulisan yang pengen gw ketik malam ini. Semoga aja bisa melupakan rasa resah gara-gara informasi soal TP yang baru dibayar Selasa depan. Parah!!!

Belajar bersyukur.. Kata-kata ini sempat terlontarkan di Bubur Ayam Zaenal Tubagus Ismail pada Kamis (19/11). Perdebatan rutin tiba-tiba jadi berakhir ke pembicaraan tentang orang kota vs orang desa.

Katanya orang desa selalu bisa beradaptasi dengan segala hal tapi tidak dengan orang kota. Bete kan dengernya! Nih orang emang doyan berstigma negatif tentang orang kota [dan segala sesuatu tentang gw.. Hobi menyulut emosi jiwa gw setiap saat setiap waktu tanpa alesan logis.. Ujian kesabaran tingkat advanced!]

Malemnya setelah filsuf yang satu itu berkoar-koar tentang kacamata kuda khas orang kota, Bang Kior laporan perkembangan rutin soal tambatan hatinya ke gw. He's asking about a right gift to give to his "Aura Kasih". Hahaha... One of his choice is jewelry. Hmmm... alesannya simpel soalnya Aura Kasihnya abang itu anak Jakarta. Pemikiran gw langsung bercabang karna inget obrolan siang hari itu.

Hmm katanya orang kota terlalu dimanjakan dengan keadaan. Segala sesuatu sudah ada di sekeliling mereka. Yang jadi persoalan, bagaimana cara mendapatkan segala sesuatu itu dan kalo bisa semuanya didapet dengan instan. Tapi pas udah dapet suatu keinginan trus mau yang lain lagi. Akhirnya muncul keserakahan. Jadi ga bisa belajar bersyukur sama apa yang dimiliki.

Pengalaman hidup gw mungkin ga sekaya kamu tapi aku tetep bangga jadi bonsai kecil yang tumbuh di Jakarta. Lingkungan kita sama-sama keras kok walau dalam harfiah yang beda. Kalo dia memang terbiasa dengan kekerasan yang sederhana, gw terbiasa dengan kekerasan yang kejam. Istilahnya dia, saat di desa itu keras yang cerdik tapi di kota keras yang licik.

Gw sih setuju karena emang hidup di Jakarta bikin gw ga gampang percaya sama orang lain. Makanya selalu ada alesan perdebatan ketika ngeliat pengemis modern. Gw selalu gampang menolak membantu orang-orang yang kucuk-kucuk dateng berkata "Neng, saya mau jual payung. Berapa kek neng terserah. Saya butuh uang buat anterin anak saya berobat. Tolong neng, Rp20.000 aja.."

Plak...!! rasanya gw langsung nampar otak gw sendiri. Mo nipu kok bawa-bawa anak sekecil itu sih, bu. Kasian kali anak yang lagi tidur dengan tenang [dan gw tau anak yang lagi sakit ga akan bertampang sedamai itu di temperatur udara siang Bandung yang terik itu]. Di luar itu, seenak udel aja minta duit udah gitu gede banget pula!

Reaksi kaya gini ini yang selalu diprotes. Udah berhasil menangkis serangan dari penipu, eh malah dibombardir sama pertanyaan yang diikuti pandangan [sok] nyebelin "Kok nggak kamu kasih? Kan kasian." . Tadinya sih ga pengen nyolot. Gw mencoba diplomatis aja dengan bertanya napa juga kaga langsung ngasih ke si ibu. Eh emang dasar orang simpel, aleasannya karena si ibu mintanya ke dia.

Nah peristiwa kaya gini ini nih yang bikin tudingan ke anak kota seperti gw jadi puanjannngg. Teh anget yang keliatan enak banget diminum pas ujan-ujan aja pasti dicuekin deh. Gw bukannya menutup pintu hati sih tapi emang pertahanan diri jadi rada ketat.

Kondisi Jakarta yang super individu membuat gw terbiasa ga mencoba campurin urusan orang lain. Keadaan keluarga gw yang apa adanya justru membuat gw kreatif menghadapi berbagai kondisi hidup. Intinya gimana caranya bisa mengembangkan diri semaksimal mungkin dengan sarana kehidupan yang ada di kota dengan biaya seminim mungkin. Bekel buat masa depan yang selalu gw anggep keras. Visi hidup gw ga muluk-muluk. Gimana caranya biar gw bisa mengisi masa depan agar lebih berguna. Ga cuman untuk diri gw sendiri tapi buat orang-orang di sekitar gw. That's it! Altought i realize, sumtimes.. the part of "orang-orang di sekitar gw" means many thing.. Such as the world, Indonesia, Pulau Jawa, Sumatera, Jabar, Bandung, Depok, or maybe just one little community like people in Griya Cempaka Arum and Koperasi Penjamin Kredit. It can be the proof that I'm not a hard feeling man.


Dari semua obrolan, akhirnya muncul kesimpulan untuk ga pake kacamata kuda. Kita harus berusaha jadi orang yang punya multi perspektif. Sudut pandang yang cuma satu arah bikin otak sempit dan malah ga bisa bersyukur ama keadaan. Gampang ngeluh padahal banyak yang lebih menderita dari kita. Mikirin soal dugaan kolaps ato jenjang yang ga jelas kadang bikin gw meringis sih tapi ambil positifnya aja deh. Gw mencoba untuk tetep bisa enjoy walo kok ujung-ujungnya jadi sikap apatis yang meningkat. Abisan mending gw sibuk ama dunia yang gw anggep menyenangkan aja dari pada larut sama keterpurukan... Hahahaha...

"Coba kamu pikirin orang yang pernah bisa makan nasi di Bantul sana. Ato gini gini gitu di situ.. Ato begitu begitu begini.. bla bla bla... Mana mungkin tau rasanya jadi mereka. Kamu itu mainannya cuma Jakarta, Depok, Bandung, dan paling sama Jatinangor." Udah deh kalah kalo ngomongin soal masalah desa pasti kalah. Secara wilayah tengah Pulau Jawa itu sentranya penduduk layak BLT. Nyebelin deh karena selalu sukses memposisikan gw sebagai terdakwa. Arghhh..... Sabaarrr...


No comments:

Post a Comment