Monday, November 3, 2008

Dua Orang Nekat di Tangkubanperahu


Pengumuman Pilkada Ciamis akhirnya membawa gw ke Tangkuban Perahu. Kondisi sebab akibat ga nyambung yang berujung dengan perjalanan yang cukup nekat emang. Secara yang berangkat ke salah satu gunung berapi di Pulau Jawa itu dua orang cewe dengan satu Honda Fit X yang kurang cocok untuk jalanan berbatu. Uciem sialan sekali lagi membuktikan kecemenan gw sebagai orang batak. “Tet, lo itu kan ga ada batak-bataknya. Mana mungkin lo bisa ke atas. Pasti ade lo yang bawa motor kan!”, hehehe.. dasar makhluk kurang ajar. Kagak bertanggung jawab gara-gara mengganggu rencana liburan gw dan udah gitu masih tetep ngotot minta dibawain klapertart. Duduls kan! Sabtu kemaren tuh gw niat mo maen ke Tasik. Ih benran deh, ngadepin sikap kanak-kanaknya pas lagi normal aja kadang butuh kesabaran ekstra, apalagi ini pas gw ada dalam posisi bersalah karena ga nengokin tuh sobat gw tercintah itu pas dirawat di RSUD Garut gara-gara kena tipes.

Kalau melihat papan petunjuk berwarna usang yang kepasang di pinggiran Kawah Ratu, Gunung Tangkubanperahu merupakan salah satu bagian dari tiga gunung yang berjejer membentuk perahu terbalik. Di sana emang ada Gunung Burangrang [kalo ga salah], Gunung Tangkuban Perahu, dan Gunung Putri. Kawah Ratu itu kawah paling gede. Lokasi favorit wisatawan yang datang. Advaturer amatiran kaya gw dan hera dan petualang beneran sih biasanya ga puas cuman nangkring di pinggiran kawah. Pemandangan jauh lebih keren buat pandangin ato dijadiin lokasi potoh-potoh pas kami naik ke atas. Perjalanan berbatu-batu membawa gw & hera ke perduaan [hehehe..istilah anehnya irvan nih]. Satu jalan mengarah ke Goa Cikahuripan yang ada mata air keramatnya sedangkan arah satunya lagi itu jalan menuju tempat tongkrongan nu asik pisan. Heuheu..gw sekali lagi salah kostum dengan make sepatu balet coklat itu ke lokasi pegunungan. Ditambah tas gretongan dari Indonesian Power berisi makanan, minuman, dan My Little Q, wajar dunks kalo gerak gw terbatas.

Gw dah ngos-ngosan di anak tangga pas petengahan jalan menuju Goa Cikahuripan. Anjrit, gerak gw kok jadi melemah gini ya. Si bule lucu yang kita curigain terdampar di belantaran hutan jadi penyemangat. Ucapan selamat siang plus senyuman ramah bikin gw dan hera kuat naek ke atas. Sayangnya, mata air di atas kena longsoran. Para kuncen sengaja nutup jalur ke sana. Sebagai gantinya, mereka pasang pipa dan nyalurin airnya ke bak di depan pintu gua. Tempatnya kaga terlalu enak buat dipake buat mandi. Sebenernya enak banget kalo cuci muka di sana. Bukan karena pengen ngerasain keajaiban air ya, cuman rasanya seger banget bisa bersihin keringet dari muka bulat gw. Tp tetep aja males. Secara di sana aya opat bapak-bapak pikageuleuheun nu matre. Wkwkwkwk… Mana si bule cepet banget lagi turunnya. Padahal kalo dia masih di dalem gua, kita bisa ikut masuk ke dalem liat gimana sih ruangan tempat semedi yang luasnya sekitar 120 m2 an. Rada serem kalo cuman kite berdua [pan kite cewe-cewe] dan omongan para bapak-bapak ntu rada-rada kurang ajar. Gw pura-pura teu ngartos basa sunda. Arghhh…brengsek! Jalan-jalan emang lebih enak kalo ada Andi. Makin lama gw makin ngerasa paling save kalo jalan bareng dia. My warmest guardian.. Herat uh musti tahu kalo abangnya bukan seseorang yang hobi gerecokin dia setiap saat setiap waktu. Ada kalanya Andi itu cowo yang bisa diandelin pas ngelewatin masa sulit. Kapan ya Hera bisa bener-bener ga sungkan nunjukin rasa sayang ke abang semata wayangnya. Mereka berdua emang jarang akur tp gw ngeh kok kalo mereka itu saling peduli ama kondisi masing-masing.

Rada kasian juga liat Hera bawain tas gw pas kita jalan ke arah bawah kawah. Tapi pala gw bah berkunang-kunang. Lapeeer…. Gilingan tuh si Hera, semangat banget turun trus naek ke bagian atas gunung gara-gara ngeliat si bule. Gw curiga sebenernya dia cuman mau kenalan ama si bule yang ampe kita pulang kaga2 nongol-nongol juga. Kita ketawa-ketawa aja tiap ngeliat another bule yang naek ke atas padahal ujan udah mulai nyiramin permukan tangkuban perahu. Yang ada di pikiran kita, mereka pasti mau mencari anak yang hilang itu. Hahaha..

Duh gw lupa nama kawah di samping kawah ratu. Tempatnya emang cukup oke. Ga ada uap belarang. Gw bisa makan bekel nasi padang dengan tenang dan sukses bikin sirik gerombolan ABG plus gurunya yang centil. Udara dingin emang selalu menstimulus perut jadi kroncongan. Abis makan, gw dan hera turun ke bawah. Rada nekat juga sih soalnya suara geluduk mulai berkumandang [halah!]. Tapi kan tanggung bener kalo ga turun ke bawah. Hajar ajalah walo bentar. Awalnya sempet curiga aer yang ada di bawah itu air sulfur tapi pas gw cium ga ada bau-bau neraka-nya. JJJ Bapak2 tukang jualan di sana bilang kalo itu tuh air hujan biasa. Kalo lagi musim kemarau malah kadang ga ada airnya. Begitu toh… Lumpur di bawah genangan air cukup kerasa enak di kaki. Hmm…sepertinya bagus dijadiin masker buat jerawatnya Hera. Hahaha, btw mukanya si Hera makin mendingan. Bekas-bekas jerawatnya keliatan rata dengan permukaan kulit.. baguslah! Seenggaknya sekarang dia ga perlu termakan sugesti masa lalu. Bukan Pond’s pemberian si Nardo, pariban tersayangnya, yang bikin jerawatnya ilang tapi gimana rajinnya dia ngerawat muka secara alami.

Tik tik tik.. bunyi ujan yang netes ga kedengeran gitu sih bunyinya. Hehe ya iyalah soalnya di situ kan bebatuan. Kita neduh dulu di warung indomie pas ujan makin gede. Teh manis panas tetep jadi pujaan hati. Waktu yang tepat buat ngabisin ayam pop. Ga lama kemudian, rombongan anak-anak sekolah yang kelaitan banget kampringnya itu pun ikutan neduh. Napa gw bilang kampring? Orang-orang oke ga akan nulis nama kelompoknya dengan typex di batu, kayu, ato pohon. Ngerusak aja kan! Udah gitu omongannya itu loh, ga banget. Mereka pikir omongan mesum bikin mereka terlihat oke. Dunia yang gila!

Pas mereka pergi, datenglah seorang kakek kuncen Tangkuban Perahu. Namanya Aki Utisna. Kelahiran tahun ’30 yang udah jadi penjaga sejak zaman belanda. Dia sempet ngerasain jagain tempat wisata ini sambil bawa bedil. Lokasi Tangkuban Perahu rada strategis buat ngumpet. Dari nih gunung, orang-orang bisa nembus ke Lembangnya Parompong Cimahi. Katanya masih ada orang utan di belantaran hutan. Kalo kitanya ga takabur, orang utan dan binatang-binatang lainnya gw akan ganggu. Lokasi yang aman buat tempat kemahnya para backpacker.

Penghasilan Rp500.000 seminggu, sering dikunjungin calon pejabat yang ingin mencari wangsit seperti SBY dan Bupati Kab Bandung Barat Abubakar, plus ragam berkah yang sakti mandra guna membuat hidup Ki Utisna terkesan indah. Pendapatannya lebih mantaps dari gw tuh. Kenalan dimana-mana ampe dia berani ga pake helm kemana pun dia pergi. Udah gitu masih dapet BLT Rp400.000. Luar biasa sekali si aki yang satu ini. Makasih buat bunganya, ki. Aku simpen di kamar deh biar wanginya kecium. Nuhun juga buat cerita-ceritanya. God bless you, aki!






***

No comments:

Post a Comment