Wednesday, July 14, 2010

Pemain Spanyol Jadi Milyuner

Beberapa hari lalu ada pembicaraan yang cukup bikin penasaran pas nonton final Piala Dunia Senin (12/7) lalu. Kami yang ada di sana penasaran kira-kira pemain Spanyol dikasih apaan ya sama negaranya. Pasti mereka kebanjiran pujian dan hadiah tentunya. Secara gitu, pertama kalinya bisa memboyong pulang trofi yang indah itu. Setelah 13 kali ikut piala dunia…
Hari selasa (13/7) saya dapat jawabannya di Koran Kedaulatan Rakyat. Secara umum ini dia ringkasannya :

ALOKASI HADIAH DARI FIFA
Juara : 30 Juta AS
Runner Up : 24 Juta AS
Semifinal : 20 Juta AS
Perempatfinalis : 18 Juta AS
Putaran Kedua : 9 Juta AS
Putara Pertama : 8 Juta AS

Ini baru jatah dari FIFA. Jumlah hadiah yang sekarang ternyata 60% lebih tinggi dari PD 2006. FIFA juga membayar sekitar 40 juta dollas AS kepada klub yang ngasih izin pemainnya main di PD. Ga kebayang berapa ya total duit yang masuk ke kantong FIFA selama penyelenggaraan kompetisi selama sebulan penuh kemarin.

Nah, sekarang kita omongin Spanyol lagi. Dari FIFA para Matador dapet 30 Juta AS. Jauh sebelum perhelatan final kemarin, Asosiasi Sepakbola Spayol sih janjiin mau ngasih 600 ribu euro ke setiap pemainnya. Itu setara dengan USD758 ribu atau sekitar RP7.6 miliar. Belum pasti anggaran Negara udah disiapin buat jadi upeti ke semua personil. Ditambah sponsor, handai taulan, dan orang-orang yang freak sama La Furia Roja lainnya. Hmmmm…pada jadi miliuener mendadak dah tuh.

Saya ga tahu sih David Villa dan Iker Cassilas dapet tambahan berapa lagi. Villa kan berhak bawa pulang Bronze Ball sedangkan Golden Glove jatuh dengan indah ke tangan Cassilas. Eiya gawangnya Iker hanya kebobolan dua kali ternyata sepanjang perjalanan yang luar biasa kemarin. Sayang juga sih Villa ga maksa terus main sampai abis pas final kemarin. Sapa tau bisa nambah satu gol lagi. Biar sepatu emas ga nangkring ke Mueller. Ah tapi itu semua udah mantap kok. Permainan cantik dan fair dapet ganjaran indahhh…. Juara dunia dan juara Eropa. Empat jempol.




Selamat berpesta pora Espana!

No comments:

Post a Comment