Sunday, December 2, 2007

Polwiltabes Bandung Periksa Tiga Aktifis GAIA


Damn, ada kabar buruk beberapa menit setelah gw bikin blog sebelum ini. Ternyata Kepolisian Wilayah Kota Besar (Polwiltabes) Bandung menahan tiga aktifis asing dari Global Alliance for Incenirator Alternatives (GAIA) asal Amerika Serikat, India, dan Filipina. Kepala Kepolisian Wilayah Kota Besar Bandung Kombespol Bambang Suparsono bilang bakal menyerahkan ketiga orang ini ke Kantor Imigrasi pada Senin ini.

“Tidak ada yang melaporkan. Kami menangkap karena mereka itu orang asing. Apa urusannya kok mereka ikut-ikutan berdemo di tengah warga,” katanya Bambang

Minggu malam ini, Polwiltabes hanya melakukan pemeriksaan saja. Ketiganya belum menyandang status tahanan namun akan diserahkan ke kantor Imigrasi. Pagi ini, pemeriksaan akan berlanjut. Pihak kepolisian sendiri menyerahkan masalah sanksi hukum sepenuhnya kepada petugas Imigrasi.

Ketiga orang asing tersebut yakni Neil Tangri sebagai Waste and climate campaigner Global Alliance for Incenirator Alternatives (GAIA) Berkley USA, Manny Calonzo dari GAIA Manila, dan Shibu Nair dari GAIA India.

Kalau kata Yuyun Ismawati yang dari GAIA Indonesia menjelaskan, pihak kepolisian yang berjaga di sepanjang acara segera mendekati panggung ketika tiga aktifis asing tersebut selesai berorasi sekitar pukul 14.30 WIB.

“Mereka meminta kami datang ke Polwiltabes untuk dimintai keterangan. Tapi pada dalam BAP (Berita Acara Pemeriksaan), ketiga rekan saya dituduh melakukan perbuatan yang membahayakan. Ini aneh dan coba jelaskan bagian mana yang membahayakan?” kata Yuyun yang tenyata nomor hape-nya Simpati Bali dan habislah Rp9.000 buat percakapan selama 1:23 menit saja. Masih mau lanjut, bu? Didukung deh!!

No comments:

Post a Comment