Tuesday, August 5, 2008

Apa Selingkuh itu Indah?

Mrs Funtastic Tamara Geraldine membungkus ragam alasan tentang selingkuh dengan cerdas dan menarik dalam bukunya, Kamu Sadar, Saya Punya Alasan untuk Selingkuh ‘kan Sayang?

Mengapa tidak? – Pasangan tidur saya frigid – Saya butuh variasi – Istri bukan lagi orang yang sama – Saya tidak mau lebih dari satu istri – Ia jual gara-gara, saya beli – Like father, like son – Bersama istri, saya kesepian – Istri mengerti bahkan Schumacher yagn punya Ferrari ingin sesekali naik Toyota Kijang daripada jalan kaki – Tujuh dari sepuluh laki-laki melakukannya semetara tujuh dari sepuluh wanita pakai Kotex – Daripada bolakbalik kawin cerai – Istri saya ternyata seorang lesbian.

Nah pertanyaan yang langsung nyangkut di otak gw, napa ga ada satu pun alesan biar “dia yang nama panggilannya tidak baik disebutkan” implementasiin satu dari sekian bannyak alesan di atas? Ato kreatif dikit buat nyiptain alesan baru untuk memperpanjang list brengsek itu?

Jadi kan gw punya alesan buat ngebunuh orang. Tapi berhubung Mas Teguh Rahardjo yang saya hormati dengan segenap nafas langsung berceramah cukup panjang waktu gw mencantumkan keinginan bunuh-membunuh dalam YM, saya pending dulu aja keinginan yang satu itu.

Okelah jangan dibunuh tapi ditendang aja dari markas besar. Pikiran gw ga nyaman sejak si kecil dinyatakan lulus di Bandung. Khawatir tingkat akut! Siapa lagi yang bakal meluk nyokap waktu dia dibikin malu di depan semua orang? Siapa lagi yang bakal jemput nyokap waktu ditinggalin di tengah jalan raya di dalem modil pick up sialan itu? Siapa lagi yang bakal masakin indomie ato sekedar bikini teh manis waktu nyokap ga nafsu makan gara-gara matanya bengkak dan badanya babak belur?

Anjrit, gw juga salah sih. Gw ngelepasin tanggung jawab besar ini ke si kecil yang ga semestinya menghabiskan masa remaja untuk merawat nyokap karena nota bene si besar lebih memilih karirnya. Napa juga sih “dia yang nama panggilannya tidak baik disebutkan” kaga selingkuh dan ninggalin kami semua. Kayanya itu jauh lebih indah ketimbang kondisi sekarang. Kami - dua perempuan tangguh, satu lelaki dan satu perempuan semi dewasa yang juga menyusul tangguh – bisa membiayai kehidupan sendiri. Kalau impian gw yang satu itu jadi kenyataan, mungkin kami berempat bakal hidup bahagia. Mungkin gw ga akan menghindari Jakarta dan Depok. Gw pun bisa memiliki karir yang luar biasa dari yang sekarang! Gw bisa pulang ke rumah sesuka jidat!!

Selingkuh, selingkuh, dan selingkuh! Bisa dibilang gw lebih dari cukup untuk jadi konsultan ato tempat sampah tukang selingkuh maupun korban selingkuhan. Kadang gw pengen ketawa, kadang pengen nangis, dan kadang (sekali lagi) pengen ngebunuh orang. Trust me, sudut pandang itu mempengaruhi frame berpikir lho!

Misalnya aja gini. Gw pernah dapet kehormatan jadi tempat sampah konsultan perselingkuhan. Dia bilang: “Vi, aku bukannya mau selingkuh makanya aku ga mau mendeklarasikan hubungan. Aku Cuma mau tau kepastian perasaan dia sama aku. Dia bilang risih kalau aku semakin dekat ke dia tapi dia selalu mancing dan menggoda lagi setiap aku mulai menjauh. Aku ga akan ganggu keluarganya sama halnya aku ga juga ga mau anak istriku tau tentang dia. Aku kasian sama dia dan ingin ngusir rasa kesepian yang keliatan banget di mimik muka cantiknya. That’s it! Kalau aku niat selingkuh, kita berdua ada di lokasi yang deket kok. Tapi buktinya Cuma satu biji apel aja yang nyampe ke meja kantornya.”

Perasaan tuh langsung berubah waktu tiba-tiba ada yang ingin nyamperin gw padahal gw ga kenal secara emosi ama dia. Tp emang dasar gw sih. Walaupun hobi bikin orang menangis di depan mata tapi entah napa gw kerap dipercaya sebagai tempat sampah. Gw bisa bikin seseorang malu dan menangis di hadapan banyak orang namun gw juga bisa dipercaya untuk nampung derita batin yang disimpen orang itu selama sekian lama.

“Vi, dugaan keluarga gw bener. Bokap gw udah nikah lagi ama orang lain. Ada orang yang ngeliat dengan pasti bokap gw udah make cincin lagi di jari kirinya. Gw mulai ikut gila ngeliat nyokap gw yang udah ancur banget. Semuanya, hidupnya, karir, dan harta nyokap udah diserahin semuanya buat bokap. Dan, gw tau napa sampe sekarang gw ga pernah buka hati buat cowo. Gw terlalu benci ama laki-laki!”

Ato gini, “Nggaklah poy, aku ga akan ninggalin istri aku karena itu janji ga akan ninggalin dia. Aku udah bersumpah kaya gitu waktu istriku di ambang hidup dan mati pas ngelahirin anak pertama dan anak terakhir kami.” Tapi orang ini sering banget tidur dimana-mana, bukannya di rumah bersama istri dan anaknya, karena tegukan berbotol-botol minuman favoritnya membuat dia tidak kuat mengendarai motor dan pulang. Heuheu..itu kan sama aja selingkuh bukannya? Ya walaupun dia tetap berupaya keras memprioritaskan keluarga dari “soulmate’ yg satu itu. Hehehe ga bmaksud mjatohkan kok tp tiba-tiba tangan ama otak kongkalikong ngetik kaya gini.

Nah alesannya bikin perasaan yang beda2 kan. Kadang gw berharap “dia yang nama panggilannya tidak baik disebutkan” selingkuh. Gw pun langsung bersorak-sorak gembira karena nemu satu alesan besar buat ngelempar “dia yang nama panggilannya tidak baik disebutkan” itu dari markas besar. Walau nyatanya kejadian itu ga urung nyata. Nyokap gw selalu punya keyakinan teguh bahwa gambaran itu ga akan pernah terjadi. Seteguh keyakinan dia untuk tetep ada buat “dia yang nama panggilannya tidak baik disebutkan”.

Tp gw juga ngerti sih napa nyokap ga bisa ninggalin “dia yang nama panggilannya tidak baik disebutkan”. Yah seenggaknya I’ve ever been in mom’s position. Ini udah bicara soal hati tapi ga pake otak! Cannot cursing somebody even though already said “ah gw ga pernah pacaran ama dia..” Ke laut aje lu!!

Madonna pun melengkapi akhir tulisan ini dengan pas.

Take a bow, the night is over. This masquerade is getting older. Light are low, the curtains down. There's no one here. Say your lines but do you feel them. Do you mean what you say when there's no one around? Watching you, watching me, one lonely star…

I've always been in love with you. I guess you've always known it's true. You took my love for granted, why oh why? The show is over, say good-bye…

All the world is a stage. And everyone has their part. But how was I to know which way the story'd go. How was I to know you'd break?

You'd break my heart…

No comments:

Post a Comment