Monday, October 10, 2016

Sensasi Makanan Medan di Rumah Makan Kinantan

Selamat Datang di Kinantan! Rumah Makan khas Medan di Jl. Perumnas, Babarsari, Sleman, Yogyakarta.
Perempuan di foto ini saya panggil Kakak Kinantan. Bersama suaminya yang asli Pematang Siantar, mereka mengelola Kinantan. 


Kangen kuliner medan dengan harga terjangkau? Datanglah ke Kinantan. Rumah Makan yang menyajikan masakan khas Medan. Racikan bumbunya sangat kental. Layak sekali untuk dikunjungi dalam segala kondisi. Pesan dari pemiliknya, datanglah sebelum jam 12 supaya masih kebagian penganan alias kue.

Terimakasih kepada Samuel Yonatan Pratama yang mengenalkan tempat makan Kinantan kepada saya dan suami. Sam tahu benar kami penggila masakan medan. Kami berkunjung ke Kinantan pada suatu malam minggu yang dingin. Hahaha… Maklum udara Jogja sedang dingin-dinginnya dalam beberapa hari terakhir.

Tak di sangka, Kinantan terletak di area belakang Plaza Ambarukmo. Tepatnya di Jl. Perumnas, Sleman, Yogyakarta. Ada dua jalan masuk menuju Kinantan. Pertama melalui gang masuk tepat sebelum Plaza Ambarukmo. Kedua, melalui selokan mataram. Saya sendiri tidak menyangka ada tempat kuliner autentik Indonesia di kawasan “ajeb-ajeb” Babarsari. Sekilas Kinantan terlihat sepi pengunjung dibandingkan kanan kirinya. Maklum, tidak ada lampu lighting berkilauan, tidak ada suara musik yang menggelegar, tidak ada ada hingar bingar suara khas tempat kongkow.

Kinantan hanya tempat makan bernuansa anyaman bambu dengan lampu temaram. Ada dua lantai yang memungkinkan dikungjungi tamu dalam jumlah banyak. Datang, langsung pesan, lalu duduk manis. Menu makanan yang langsung menarik perhatian saya adalah Sop Medan, Soto Medan, dan Lontong Sayur. Padahal di sana ada menu-menu lain seperti Sayur Daun Ubi Tumbuk, Ikan Teri Medan, Nasi Gurih, dan lainnya. Tak lupa ada menu cemilan khas medan seperi lappet dan kue lopis. Saya lupa menu lainnya karena terfokus pada dua menu ini saja. Sementara untuk minumannya tersedia kopi, teh, dan jeruk.

Saya lupa memfoto makanan pesanan saya.
Akhirnya saya mengambil foto dari blog makanan yang sempat memesan makanan yang sama :
Lontong Sayur Komplit seharga Rp 25.000.
 Isinya : lontong sayur, telur, sambal ikan teri plus kacang tanah, dan ayam rendang.
Sumber Foto : http://www.hungerranger.com/ 


Lalu dimanakah menu oink-oink? Hahaha.. Di spanduk yang ada di depat rumah makan tertera tulisan 100% halal. Jadi jangan harap ada menu babi ya. Cukup manjakan lidah dengan ikan teri, ayam rendang, sapi, dan telur. Rasanya tetap maknyus! Santannya dan bumbu rempah-rempahnya kuat sekali. Benar-benar kuliner khas melayu. Namun jika tidak terbiasa dengan gaya kuliner seperti ini, masakan di Kinantan terlalu menohok di perut dan tergolong berminyak.

Kisaran harga di Kinantan masih tergolong murah. Berkisar Rp10.000 hingga Rp25.000 untuk makanan berat dan Rp5.000 hingga Rp10.000 untuk cemilan. Harga yang menurut saya murah mengingat porsinya besar. 

Jadi, sudah mulai kangen (kuliner) Medan? Datanglah ke Kinantan. Sempatkan juga untuk berbincang dengan pemiliknya untuk semakin merasakan nuansa Sumatera Utara. Sensasi tersendiri bagi kita yang tinggal di tanah Mataram. Selamat mencoba!





No comments:

Post a Comment