Sunday, October 5, 2008

Susahnya Hentiin Perang Etnis

Terkadang susah banget untuk belajar menghilangkan streotip tentang satu etnis. Seriusan deh, susah sekali! Liatin aja beberapa hari terakhir ini.

Misalnya aja gini. Waktu lebaran hari kedua Kang Gin, Kang Ogi, Radi, dan gw lagi mo nyari makanan. Biar ga garing kita nyari makannya di KFC yang di Superindo. Pas ngelewatin Jalan Riau yang sentranya FO Kota Bandung ada yang nyeletuk : "Perasaan siapa yang lebaran tapi kok malah Cina yang ramein Bandung." Besokannya kembali lagi ada yang melontarkan kata-kata : "Emang dasar Cina, belagu. Ngerasa dirinya kaya eh sok jadi orang penting di kota orang. Anjrit siah!".

Hmm streotip negatif tentang Cina memang sering kaya gitu. Kaya, pelit, suka hura-hura, belagu, de es be. Gw sih udah kebal ama kaya gitu. Menghabiskan masa pendidikan di sekolah Katolik ngebuat gw melihat Cina dalam berbagai versi. Ngapain juga diambil pusing toh ga akan ngerubah nasib gw ama ade2 gw yang selalu dag-dig-dug tiap tahun ajaran baru. Di saat temen-temen yang lain [yang 80% chinese itu] berbahagia bisa punya laptop sebagai hadiah naik kelas, bokap ato nyokap gw bela-belain dateng ke sekolah buat dapet dispensasi ga musti beli seragam, sepatu, buku tulis, ato kaos kaki dari sekolah yang harganya ujubile munjali..

Ato coba dengerin suasa kantor gw. Belakangan ini, anak-anak yang sering jadi korban kemalasan salah satu anak kantor jadi sering melontarkan istilah Arab Goblok. Walo gw juga ga kalah keselnya sama orang itu, gw rada risih juga dengerin ledekan yang bawa-bawa nama etnis gitu. Tp setelah beberapa lama akhirnya gw kebawa suasana juga sih. Misalnya aja pas abis Sahur Bersama di Punclut, tuh orang kembali absen di hari minggu tanpa ngerjain lipsus sedikitpun. Tercetuslah istilah Argo alias Arab Goblog.

Tapi emang susah juga sih untuk ga nyela etnis lain. Apalagi belakangan ini selalu aja nemu alasan untuk perang etnis sama si dukun klenik itu. Hihihi.. kadang agak takut aja sih ada tersinggung soalnya makin lama kok makin keterlaluan. Ya gitu deh, seneng aja menghina makhluk itu. Dasar Jawa! Upss tuh kan! Gw tuh bukannya pengen menghina etnis Jawa sih tapi cuma dia aja. Kadang gw lupa sih Indonesia itu di-presiden-in sama orang Jawa. Alhasil banyak sekali orang Jawa di tanah tumpah darah gw tercinta ini. Jadilah gw ga sadar dipelototin orang-orang waktu nerima telepon dan berkata "Tuh kan, dasar orang Jawa!"
Hahaha.. piss ah!!

No comments:

Post a Comment