Saturday, October 11, 2008

Wisata Kota Tua [I]

Malam mulai terasa tenang. Secangkir hot chocolate [tanpa bitterballen! karena waiter yang kebanyakan gaya ntu lupa kalo gw juga pesen makanan] cukup mengeyangkan perut buncit gw yang masih terisi penuh dengan makanan padang ala Sederhana. Udah ngidam dari sejak di Jasamarga sih.

Sampe di kantor, ada percakapan yang tiba-tiba ngingetin gw sama tulisan yang tentang wisata kota tua. Wisnoe Moerti & Yogi Pasha lagi mau nyentil lagi tentang Revitalisasi Braga.

“Mau jadi kota tua kok setengah-setengah! Kalo konsepnya kaya Jakarta sih boleh lah tapi ini mah kaga banget..” ujar pria yang pernah berambut gimbal yang ternyata punya kepentingan kalo Baksil ditutup. Wuakakakak Noe… noe…


Kamis, 2 Oktober 2008
Wisata Kota Tua

[Bagian Satu]

Siang itu hawa di Depok lumayan membuat gw merasa lengket. Cucuran keringet mulai kerasa waktu gw ada di Stasiun Pondok Cina. Senin itu gw ga tahan untuk beli Aqua gelas dingin dan langsung minum sepanjang perjalanan dari angkot ke stasiun. Tumben-tumbenan banget gw cuek ada di dua hari terakhir bulan puasa. Padahal udah satu setengah tahun terakhir ini gw belajar menghormati bulan yang penuh berkah ntu.


Gw ama Andi emang lagi niat kelilingin kota. Tujuan kita berdua beda. Di saat gw cuman pengen beli DVD external, maniak sejarah itu lagi pengen hunting foto. Rada stress juga ternyata ga punya cd room apalagi saat-saat perdana. Banyak yang musti diinstal dan segala sesuatu begitu membutuhkan sentuhan intuisi.


Setelah urusan ama si Dukun Klenik nan bawel pengganggu ketenangan hidup selesai [wuakakakaka..hari ga bkesan tanpa memaki makhluk itu] dan dvd eksternal rakitan ala Glodok udah ada di tangan, waktunya Andi beraksi. Dia ngajakin gw jalan ke kawasan Kalibesar on foot alias JALAN KAKI! Gila nih orang udah ketuleran sindrom mama nih. Baiklah, dianggep positif aja karena seenggaknya si cungkring no 1 itu berhasil menghilangkan 150% kalori gw yang masuk pas gw sarapan mie goreng babi ala mama dan berusaha menggantinya dengan mie di Stasiun Kota yang katanya terasa lezat gara-gara bercampur dengan debu ala kereta api.

Perjalanan dimulai dari sebuah museum yang gw kunjungin pas pelatihan Bank Indonesia [BMI] akhir Juni lalu. Sekarang pemandangannya agak beda. Di depan Museum Bank Indonesia banyak tukang penukar uang receh yang berharap masih ada orang yang butuh buat angpao lebaran. Hmm..kejadiannya mirip sama yang diceritain Pak Suwarno soal penukar ekstrim yang jualan duit pecahan kecil di depan kantor BI Surabaya.

Rasanya emang rada aneh pas ngeliat duit jadi barang komoditas gitu. Bertolak belakang banget sama kondisi di Bandung. Di kota yang menjadi tempat tinggal gw dalam tiga tahun terakhir ini justru masyarakat yang memburu penukar uang receh. Emang-emang euy, kalo di Jakarta itu semua bisa diduitin.

Lepas dari MBI, ada sebuah gedung tua yang punya papan dengan tulisan Bagian Konservasi Departemen Kebudayaan dan Pariwisata. Wah ngeliatnya tuh ironis banget soalnya kantor itu sendiri bener-bener harus dikonservasi saking tua dan ga terawatnya.

Jalan kaki dikit gw langsung dihadapkan dengan kawasan city walk berisi bangunan-bangunan tua ga terawat tapi bangunannya masih kelihatan kokoh. Kalo kata Erick sih di Bandung bangunan kaya gitu sih pasti laris jadi tempat prostitusi kelas tinggi. Tempat yang sengaja dibuat terkesan horor biar orang-orang ga pada berani masuk ke dalemnya. Nih kawasan emang kota tua banget. Di sana ada Museum Fatahilah, Museum Pos [itu kantor pos pertama lho], museum seni rupa, café Batavia, dan lainnya.

Tempatnya emang oke punya! Art Deco yang kerasa kentel banget menjadikan kawasan ini jadi langganan para tukang potoh. Mulai dari orangg yang amatiran seperti gw dan Andi, orang yang ga modal seperti pasangan ga oke [lagian pacaran kok di situ sih, siang-siang lagi!], ampe fotografer beneran yang lagi siapin foto-foto pre wedding.






Di sekeliling Taman Fatahilah tengah ada banyak tersebar bola-bola beton yang bertuliskan Working Together For a Better Old Town. Multifungsi banget sih tuh batu. Bisa buat duduk, bisa buat nyederan asal siap melawan suhu panas Jakarta yang terserap di seluruh permukan bebatuan, bisa juga buat ngejorokin pemabok yang doyan nongkrong di bar tua situ ato warga duduls yang seenak jidat bawa motor ke kawasan wajib jalan kaki itu.


Lepas dari area museum, ada deretan bangunan tua yang tadinya pernah jadi kantor-kantor rintisan beberapa perusahaan besar seperti Jasa Raharja dan Bank Dagang Nasional Indonesia. Bangunan udah nyaris punah. Bahkan Gedung Jasa Raharja cuman berupa satu sisi tembok aja. Belakangnya tembok itu udah ga ada apa-apa. Tempat di samping bekas kantor perusahaan tempat bokap gw gawe pas masih waras itu, ada ex kantor salah satu bank yang muncul di awal kemerdekaan Indonesia. BDNI emang pertama muncul tahun 1946 di Medan dan entahlah sekarang masih ada ato udah dilebur.

Kawasan kota tua ini angker tapi suasanya tuh cozy. Suasananya sepi tapi tetep nyaman buat area pejalan kaki. Udaranya bersih. Satu-satunya yang merusak pemandangan hanya air di kali yang warnya udah bukan ijo lagi tapi item. Penuh sampah dan bau! Tapi tetep tidak merusak mood untuk jalan kaki sampe ke Sunda Kelapa...

[Nyambung entar2an aja...]

No comments:

Post a Comment